Wednesday, May 1, 2013

Bungeoppang, Si Kue Ikan




Jika Anda berjalan-jalan ke Korea Selatan maka Anda akan menemukan banyak jajanan musim dingin yang dijajakan di jalan-jalan. Salah satunya adalah bungeoppang, kue wafel yang dicetak berbentuk ikan mas dan diisi dengan pasta kacang merah yang manis. Walaupun dijajakan di jalan-jalan, tidak berarti Anda bisa mendapatkan dengan harga murah. Oleh karena itu, buat sendiri yuk untuk mengobati rasa kangen Anda pada Korea.

Bahan:

450 gram tepung beras

100 gram gula

1 sdt baking powder

250 ml susu cair

3 butir telur, kocok lepas

1 sdm mentega, dilelehkan

60 ml minyak sayur

Garam secukupnya

Isian:

250 gram kacang merah

250 gram gula merah

1/2 sdt garam

1 sdt bubuk kayu manis

Cara Membuat:

Pasta

1. Cuci kacang merah, didihkan dalam panci dengan panas tinggi. Tiriskan dari airnya.

2. Rebus lagi kacang merah dengan sekitar 750 ml air menggunakan api kecil sambil ditutup agar kacang jadi lunak. Kira-kira selama 1 hingga 1.5 jam

3. Saring kacang dari airnya, kemudian menggunakan sendok kayu, hancurkan kacang merah tersebut di atas saringan tersebut sehingga yang tersisa hanya kulit kacang merah saja.

4. Tambahkan gula merah dan bubuk kayu manis ke dalam pasta kacang merah, masak dengan panas kecil sambil diaduk hingga pasta kacang merah menjadi kental dan berkilau. Taburi sedikit garam dan aduk rata.

Bungeoppang

1. Campurkan semua bahan dengan penambahan tepung beras diletakkan di akhir tahap, aduk rata hingga membentuk adonan.

2. Panaskan cetakan waffle, tuangkan kira-kira 2 sdm adonan ke atas cetakan waffle (tergantung besar cetakan), hingga menutupi seluruh permukaan cetakan dengan tebal yang pas.

3. Tambahkan pasta kacang merah, ratakan di bagian tengah permukaan kue.

4. Tambahkan lagi 2 sdm adonan ke atasnya, kemudian tutup cetakan. Lanjutkan memanggang dengan api kecil hingga kue matang.

No comments:

Post a Comment