Friday, August 2, 2013

10 Manfaat Lain Baking Soda




Biasanya sih kita mengenal baking soda sebagai bahan pengembang roti. Namun, si jagoan ini punya banyak manfaat lain yang jarang diketahui. Apa sajakah itu?

Manfaat 1: menyejukkan mulut

Baking soda dapat menyejukkan mulut dan menjadi obat kumur alami. Caranya: campurkan 1 sdt baking soda ke dalam 100 ml air. Aduk hingga tercampur dan gunakan sebagai obat kumur. Dapat juga menghilangkan bau mulut lho.

Manfaat 2: menghilangkan bau badan

Caranya mudah, hanya dengan menggunakannya sebagai bedak di ketiak dan efeknya akan menetralisir bau badan.

Manfaat 3: sebagai antasida

Baking soda juga sangat baik untuk menurunkan asam lambung. Caranya campurkan 1/4 sdt baking soda dengan air, dan minum.

Manfaat 4: menghilangkan gatal karena digigit serangga

Untuk menghilangkan gatal-gatal akibat digigit serangga, campurkan 1 sdt baking soda dengan sedikit air. Gosokkan di tempat yang gatal dan diamkan selama beberapa menit sebelum mandi.

Manfaat 5: melembutkan kaki

Masukkan 3 sdm baking soda dengan air hangat. Rendam kaki dalam air tersebut sambil gosok perlahan di bagian yang pecak-pecah. Efeknya tumit akan lebih lembut.

Manfaat 6: membersihkan lantai

Jika ada noda yang melekat erat di lantai, maka campurkan 100 gram baking soda dengan air, gosok dengan sikat bagian yang kotor.

Manfaat 7: membersihkan noda di sofa

Terkadang ada noda yang menempel di sofa dan sulit untuk dihilangkan. Taburi sedikit baking soda dan air, gosok dengan sikat gigi. Kemudian tekan-tekan bagian yang basah dengan sponge.

Manfaat 8: membersihkan oven/microwave

Membersihkan oven/microwave ini tidak mudah, apalagi bila ada sisa adonan yang tumpah. Campurkan 1 sdt baking soda dan air panas, kemudian celupkan lap ke dalamnya. Gosokkan ke bagian yang terkena adonan hingga bersih.

Manfaat 9: membersihkan noda kopi dan teh di cangkir

Rendam cangkir, gelas atau teko yang terkena noda kopi/teh dengan air yang sudah ditaburi baking soda. Biarkan semalaman dan keesokan harinya niscaya nodanya akan memudar.

Manfaat 10: menyerap bau di lemari

Jika lemari penyimpan makanan Anda berbau tidak sedap, masukkan baking soda ke dalam sebuah kantung dan berikan sedikit lubang. Letakkan kantung tersebut di dalam lemari dan biarkan menyerap bau-bau tak sedap.

No comments:

Post a Comment