Tuesday, August 6, 2013

Info Seputar Kepiting




Jika Anda ingin menyuguhkan menu kepiting dalam porsi besar untuk acara makan malam, maka belilah kepiting hidup, bukan yang telah dibekukan. Sebab, pastinya kepiting hidup jauh lebih terjamin kesegarannya dibanding dengan kepiting beku.

60 kepiting besar atau 96 kepiting ukuran kecil diperkirakan merupakan ukuran yang pas untuk ukuran 12 orang dewasa. Pastikan bahwa semua kepiting yang Anda beli dalam keadaan hidup. Jika ada yang mati, maka segera buang. 

Kepiting mudah/cepat sekali mati. Jika Anda tidak segera mengolah kepiting hidup yang baru Anda beli, maka simpan dalam kotak pendingin yang dipenuhi es pada bagian bawahnya, lalu simpan di tempat sejuk. 

Jaga agar kepiting tidak langsung bersentuhan dengan es karena es akan mencair dan kepiting mungkin menyerap seluruh air itu, lalu mati. Selain itu, biarkan capitnya tetap bisa bergerak agar ia bisa bernafas, namun pastikan juga kepiting tidak bisa memanjat untuk melepaskan diri.

Kepiting hidup bisa mencapit Anda, oleh karena itu, kenakan sarung tangan tebal selagi Anda menyiapkannya untuk menu makan malam.

Sebelum memasak kepiting, letakkan kepiting pada suhu ruangan. Bersihkan tiap kepiting dengan baik, termasuk cangkang, capit, kaki, dan bagian bawahnya. 

Belah cangkangnya dan buang bagian yang tak dapat dimakan, seperti alat reproduksi dan isi perut yang ada di bagian bawah badan kepiting. 

Setelah itu, masak dan hidangkan sesuai selera, misalnya dengan merebusnya dalam saus tomat untuk dihidangkan bersama dengan spaghetti atau sekedar membumbuinya dengan bawang, jeruk nipis, dan minyak. 

Anda juga bisa merebus kepiting dan menyajikannya dengan lelehan mentega. Yang paling penting adalah tambahkan bumbunya sesederhana mungkin agar rasa asli daging kepiting tetap segar.

No comments:

Post a Comment