Friday, August 2, 2013

Tips Memanggang Seafood




Salah satu hidangan seafood yang menggugah selera adalah seafood panggang. Membuatnya tidak sulit, tetapi Anda harus belajar tips-tips berikut agar sajian seafood panggang Anda semakin lezat, yummy...

1. Pemanggang Harus Bersih

Sangat tidak dianjurkan bila Anda memakai pemanggang yang telah dipakai dan belum dibersihkan. Meskipun terkesan sama saja, tetapi faktor kebersihan menjadi kunci enak atau tidaknya seafood yang Anda panggang. Cuci pemanggang dan tunggu hingga benar-benar kering. Bila akan dipakai memanggang, oles tipis dengan minyak atau mentega agar daging seafood tidak menempel pada pemanggang.

2. Pilih Bahan Segar

Selalu pilih seafood yang segar, yaitu seafood yang masih tercium aroma amis yang wajar dan segar, selain itu memiliki daging yang kenyal dan tidak berlendir. Hindari memanggang seafood yang telah mengeluarkan aroma tidak sedap. Karena selain tidak sehat, daging seafood yang sudah tidak segar akan mempengaruhi rasa dan cita rasa khas seafood yang beraroma laut segar.

3. Tusuk Daging Seafood Berukuran Kecil

Untuk seafood dengan ukuran besar, Anda bisa langsung meletakkannya di atas pemanggang. Tetapi bila seafood yang akan dipanggang berukuran kecil dan Anda potong tipis, lebih baik pakai bantuan tusuk sate. Selain lebih rapi, hal ini akan mencegah agar daging yang diletakkan pada rak pemanggang tidak terjatuh ke bagian bawah pemanggang.

4. Bumbu Rendaman

Berbeda dengan daging sapi atau ayam yang bisa didiamkan dalam waktu lama bersama bumbu perendam, seafood tidak perlu lama direndam. Cukup redam seafood dalam air rendaman berisi bumbu racikan selama 30 hingga 60 menit. Jika lebih dari itu, aroma seafood yang segar bisa hilang dan daging seafood menjadi tidak enak dan alot.

5. Suhu Memanggang

Lama memanggang akan menentukan cita rasa seafood. Seafood yang terlalu lama dipanggang akan kehilangan tekstur manis dan gurih alami. Karena itu, tidak perlu terlalu lama memanggang berbagai seafood. Untuk ikan ukuran sedang, waktu 10 menit sudah cukup. Perhatikan juga suhu pemanggang, jangan terlalu panas agar daging seafood matang merata. Gunakan panas yang sedang.

No comments:

Post a Comment