Friday, August 2, 2013

Fakta dan Tips Membekukan Sup




Sup adalah makanan yang mudah membuatnya dan banyak disukai. Ada kalanya menikmati sup lebih pas di hari yang dingin (saat Anda malas masuk ke dapur dan lebih memilih bergulung di dalam selimut). Nah, Anda bisa mempersiapkan sup untuk persediaan cuaca yang dingin atau menjadi makanan yang tinggal dipanaskan saat Anda tak ada waktu memasak.

Membekukan sup di dalam freezer bisa menjadi alternatif yang praktis. Hanya saja, Anda harus tahu fakta dan tips-tips seputar pembekuan sup agar sup yang Anda sajikan tetap lezat dan tidak terasa seperti makanan beku yang dipanaskan.

  • Pastikan sup sudah dalam keadaan dingin ketika Anda masukkan ke dalam freezer. Untuk proses pendinginan yang cepat, rendam magkuk atau panci sub ke dalam watafel yang sudah berisi air dingin (sudah disumbat), atau ke dalam baskom besar yang sudah diisi air dingin. Jika air rendaman sudah terasa hangat, ganti dengan air dingin. Ulangi hingga sup 100% dingin, baru masukkan sup ke dalam wadah dengan tutup rapat, letakkan dalam freezer.
  • Semua sup tetap akan lezat meskipun dibekukan. Tetapi bukan pilihan yang bijak membekukan sup krim atau sup yang terbuat dari kentang lembut. Sup jenis tersebut lebih baik dimakan langsung dan masih fresh.
  • Jika Anda ingin memasukkan pasta (misalnya macaroni ke dalam sup yang akan dibekukan, maka pasta tersebut akan sangat lembek ketika Anda panaskan. Untuk menjaga pasta tetap kenyal dan enak, masukkan pasta setelah sup yang  beku telah Anda panaskan.
  • Cara memanaskan sup beku yang benar adalah membiarkan sup cair di dalam kulkas (bukan bagian freezer). Setelah semuanya mencari, keluarkan dari kulkas dan panaskan dalam panci.
  • Agar sup tetap segar, jangan menyimpannya lebih dari 2 bulan di dalam freezer.

No comments:

Post a Comment