Monday, August 5, 2013

Info Seputar Talenan



Banyak ibu-ibu bingung karena setelah dipakai memasak, merajang, atau memotong bahan makanan, talenan menjadi bau walaupun telah dibersihkan berulang kali. Ternyata dalam memilih dan merawat talenan pun ada hal-hal yang perlu diperhatikan. 

Yang pertama, sedapat mungkin gunakan talenan yang terbuat dari kayu, hal ini untuk mencegah agar pisau yang dipakai tidak mudah tumpul. Jangan gunakan talenan plastik, karena irisan pisau dapat membuat bahan talenan terkelupas dan serpihan-serpihannya terbawa dalam makanan.

Selain itu, sebaiknya Anda memiliki 2 talenan di rumah. Satu untuk sayur-mayur, buah-buahan atau bumbu dapur (bahan yang tidak amis), yang lain untuk daging, ikan, atau bahan yang amis. 

Untuk merawat agar talenan kayu Anda tahan lama dan bebas dari sisa potongan sayur/ daging, Anda dapat mengolesi talenan dengan beberapa tetes minyak. Sesudah Anda mencuci talenan dengan air sabun panas, Anda dapat membilasnya dengan obat pemutih klorin, lalu bilas lagi dengan air bersih.

Sedangkan, untuk membersihkan talenan dari bakteri (yang menyusup masuk di tengah bekas sayatan pisau), Anda dapat menggunakan air garam yang diberi arus listrik. Cara ini telah diteliti oleh seorang profesor bernama Yen Con Hung dari University of Georgia.

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment