Sunday, August 4, 2013

Agar Asparagus Renyah Dan Matang




Sayur yang sudah cukup lezat hanya dengan direbus atau dipanggang saja, itulah asparagus. Kita sering mengenal asparagus sebagai isian lunak yang lezat di sup kepiting asparagus, namun sayur unik ini punya banyak olahan lain yang lezat jika kita menggunakan asparagus dalam bentuk segar.

Asparagus segar berwarna hijau segar dengan ujung pangkal sedikit putih, memiliki cita rasa dan tekstur yang khas. Namun tekstur ini akan menjadi tidak enak jika Anda memasak terlalu lama, atau justru terlalu sebentar. Berikut ini tips agar asparagus matang dengan kerenyahan yang pas.

1. Ikat asparagus agar mudah diangkat sekaligus saat Anda merebusnya.

2. Gunakan keranjang perebus, berdirikan asparagus sehingga batang bawahnya terendam air sementara bagian atasnya hanya teruapi saja. Rebus dengan panci tertutup hingga batangnya lunak.

3. Untuk melakukan pemasakan awal (untuk diolah lagi menjadi masakan), rebus asparagus dalam air yang telah diberi garam secukupnya. Kira-kira 1 sdm garam untuk air setengah panci besar. Masukkan asparagus setelah air mendidih, tutup panci dan biarkan mendidih lagi. Kemudian buka tutup panci dan masak sedikit lebih lama hingga batang lunak, segera angkat dan tiriskan.

4. Jangan menyimpan asparagus yang telah matang di dalam kulkas karena rasanya akan berubah dan tidak seenak saat masih segar.

5. Begitu lunak, segera angkat asparagus dari air rebusan, dan dinginkan dengan es agar tidak terlalu matang.

No comments:

Post a Comment