Monday, April 22, 2013

8 Tips Seputar Mentega




Membeli mentega dalam jumlah besar, terkadang yang lain jadi tak terpakai. Tetapi membeli dalam jumlah kecil, seringkali bingung saat jumlahnya kurang dan hendak memakai dadakan. Bagaimana solusi dan tips tentang mentega ini? Yuk intip beberapa tips yang telah kami kumpulkan. 

Tips 1: 
Agar coating menjadi cantik dan menarik, tambahkan cold butter dalam adonan. Lelehkan kemudian aduk hingga benar-benar merata sebelum dioleskan pada cake. Hasilnya, saat adonan dingin maka lapisan coating lebih kokoh, cantik dan terlihat manis. 

Tips 2:
Untuk menghasilkan kue kering yang lembut dan enak, pastikan mengocok mentega dengan gula pasir terlebih dahulu sebelum mencampurkan bahan lainnya. Kocok hingga lembut dan mengembang. Bila rasanya kurang lembut, bisa dicek juga menggunakan jari. 

Tips 3: 
Jangan membeli sweet butter/unsalted butter dalam jumlah yang banyak karena ia tidak tahan lama dibandingkan dengan salted butter. 

Tips 4: 
Setelah dibekukan di dalam lemari es, pindahkan butter ke dalam suhu ruang setidaknya selama 5 jam sebelum digunakan agar hasil adonan tidak menggumpal. 

Tips 5: 
Agar butter tetap awet, simpan butter dalam plastik yang tertutup. Bila perlu gunakan foil-laminated paper. 

Tips 6:
Jangan menggunakan butter yang dingin dari kulkas untuk adonan kue, hasilnya tidak akan pernah baik. Lelehkan di suhu ruang, atau pada beberapa resep tertentu Anda bisa melelehkannya di atas api. 

Tips 7:
Jika Anda bermaksud menyimpan mentega dalam jangka waktu yang lama. Potong mentega menjadi beberapa bagian, kemudian simpan di dalam plastik yang kecil. Hal ini memudahkan pemakaian kembali serta membuat suhu mentega tetap terjaga. 

Tips 8:
Ingin melelehkan mentega, boleh saja. Asalkan tidak dilelehkan di atas temperatur tinggi. Sehingga lebih baik panaskan air di dalam panci, kemudian masukkan mentega ke dalam sebuah wadah alumunium, baru masukkan ke dalam panci air panas tersebut hingga mentega leleh.

No comments:

Post a Comment