Thursday, April 11, 2013

Tips Menyimpan Santan Kelapa agar Tahan Lama




Santan kelapa dalam bahasa Inggris disebut sebagai coconut milk. Santan sebenarnya bukanlah susu (milk) melainkan cairan yang diekstrak dari kelapa. Santan diekstrak dari kelapa parut dengan menuangkan air panas di atasnya.

Santan kelapa bisa dibuat sendiri di rumah atau dibeli dalam bentuk kemasan di supermarket. Santan banyak digunakan dalam berbagai masakan dan makanan di Indonesia.

Jika Anda kebetulan memiliki sisa santan yang belum digunakan, tips berikut akan menunjukkan bagaimana menyimpan santan agar tetap awet serta tidak basi.

1. Masukkan sisa santan ke dalam wadah atau plastik. Pastikan wadah penyimpanan tertutup rapat.

2. Setelah dikemas rapat, santan dapat disimpan dalam lemari es selama 4-6 hari.

Jika ingin tahan lebih lama, simpan santan dalam freezer. Dengan cara ini santan dapat bertahan hingga tiga bulan.

3. Jika akan digunakan, cairkan santan beku dengan cara memindahkannya dari freezer ke lemari es (refrigerator). Cairkan sekira 24 jam sebelum menggunakannya.

4. Aduk santan yang telah mencair sebelum digunakan. Ini dikarenakan lapisan tebal santan akan naik ke permukaan selama proses penyimpanan.

Tips tambahan

Santan kelapa yang dikemas dalam kaleng bisa bertahan hingga dua tahun. Perhatikan tanggal kadaluarsa sebelum membeli santan dalam kemasan.

Santan beku yang disimpan dalam freezer tetap bisa digunakan setelah tiga bulan, hanya saja kualitasnya mungkin sedikit menurun.

No comments:

Post a Comment