Tuesday, April 16, 2013

Tips Kocokan Telur Mengembang dan Kokoh




Lezatnya meringue dan juga marshmallow selalu menggoda untuk disantap. Mulai dari anak-anak hingga kita, orang dewasa, pasti tergoda dengan warna-warni dan kelembutan tekstur meringue atau marshmallow yang sungguh cantik. Perhatikan pula krim penghias kue tart yang nampak kokoh dan tidak lembek, semua ini berkat kocokan putih telur yang sempurna sehingga menghasilkan adonan yang mengembang, kokoh dan tidak berair.

Untuk mendapatkan kocokan yang demikian, ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan. Pertama, pastikan persyaratan mengocok telur yang benar telah Anda penuhi. Kedua, lakukan trik-trik berikut ini.

Wadah harus kering

Keringkan wadah yang akan digunakan untuk mengocok telur hingga benar-benar kering. Sisa air akan mengganggu kemampuan telur untuk mengembang.

Suhu ruang

Jika Anda menyimpan telur dalam kulkas, jangan langsung mengocok putih telur begitu dipisahkan dari kuningnya. Putih telur dari kulkas suhunya masih dingin dan tidak bisa mengembang dengan baik pada suhu dingin. Jadi diamkan sejenak sebelum dikocok agar putih telur mencapai suhu ruang.

Garam

Anda butuh 'serbuk ajaib' agar putih telur lebih mudah mengembang, yaitu garam. Tambahkan sedikit saja garam ke dalam putih telur, kemudian kocok putih telur tersebut. Garam membantu protein pada telur untuk mengembang dan menjaganya tetap kokoh.

Asam

Putih telur yang mengembang bisa tiba-tiba mengempis. Untuk menghindari ini, kira-kira setelah 3/4 proses pengocokan terlewati, tambahkan air perasan jeruk nipis atau cream of tartar dengan takaran 1/4 sdt tiap 2 butir putih telur. Asam akan menstabilkan putih telur Anda yang mengembang.

Mangkuk tembaga

Anda mungkin tidak senang dengan penambahan asam karena takut memengaruhi rasa adonan Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan 'mangkuk pamungkas' yaitu mangkuk tembaga. Labur dengan 60 ml cuka dan 1 sdm garam, bilas dan keringkan sebelum dipakai mengocok. Telur bisa mengembang hingga 30 persen lebih banyak dan Anda tidak perlu menambahkan garam ataupun asam ke dalam adonan.

No comments:

Post a Comment