Monday, April 15, 2013

Tips Memilih Asparagus Segar




Anda yang biasa menggunakan asparagus kalengan mungkin tidak pernah tahu bahwa asparagus segar butuh dipilih dan dikupas dengan benar untuk mendapatkan rasa lezatnya. Memang sih, memakai produk kalengan lebih tidak repot tapi cita rasa produk segar tetap saja lebih lezat dari yang telah diawetkan. Untuk Anda yang penasaran dengan kesegaran asparagus, berikut ini beberapa tips memilih dan mengolah asparagus.

Memilih asparagus

Asparagus segar paling mudah ditemui di supermarket, namun Anda harus pintar-pintar memilih agar mendapatkan yang masih segar dan baik kualitasnya. Pilih asparagus yang masih berwarna hijau, tidak layu dan kokoh, lurus serta kelopak-kelopak di ujungnya masih menutup semua. Pada potongan bawahnya tidak boleh kecoklatan dan layu. Pilih asparagus dengan besar batang yang sama agar proses pematangan bisa lebih rata dan mudah.

Menyimpan asparagus

Jika tidak langsung digunakan, jangan mencuci atau merendam asparagus. Potong ujung bawah asparagus, masukkan ke dalam toples tinggi yang telah diisi sedikit air di bawahnya (air setinggi 2cm), tutup dengan kantong plastik. Asparagus tidak bisa disimpan dalam waktu lama, maksimal 2 hari untuk penyimpanan cara ini.

Mengupas asparagus

Asparagus yang masih muda biasanya tidak perlu dikupas, namun seringkali asparagus dijual dalam kematangan yang beragam. Ada yang batang bawahnya telah mengeras dan berwarna putih tanda asparagus tidak muda lagi. Untuk yang seperti ini, Anda harus mengupas bagian kulit kerasnya untuk mendapatkan daging batang yang lunak dan lezat. Gunakan pengupas wortel untuk mengupas kulit asparagus dari bagian batang yang mulai mengeras ke arah ujung potongan.

No comments:

Post a Comment