Monday, April 15, 2013

Cara Tepat Menyimpan Daun Kemangi




Menikmati lalapan sambal dengan berbagai sayur segar terbayang lezatnya. Kita terbiasa menikmati berbagai sayuran segar, terutama dalam bentuk lalapan, misalnya timun, kacang panjang, daun selada dan tentu saja.. daun kemangi. Daun berbentuk kecil dan memiliki aroma khas yang segar ini memang lezat dijadikan salah satu sayur lalapan atau diolah menjadi bumbu berbagai masakan.

Walaupun lezat, ukuran daun kemangi yang kecil dan tipis membuatnya mudah layu setelah dipetik. Tentu rasa daun kemangi menjadi tidak sedap jika telah layu, karena itu, Anda memerlukan tips agar daun kemangi tetap segar walaupun telah disimpan berhari-hari.

1. Langsung masukkan daun kemangi ke dalam kantong atau wadah plastik dan tutup hingga rapat. Anda tak perlu mencuci kemangi sebelum disimpan, karena air akan membuat kemangi makin mudah layu dan busuk.

2. Masukkan kemangi yang sudah dimasukkan dalam wadah ke dalam kulkas dengan suhu sekitar 10 derajat celsius, kemangi bisa tahan hingga 14 hari. Kemangi bisa layu dalam tiga hari bila disimpan dalam suhu di bawah 10 derajat celsius.

3. Jika Anda ingin memasak kemangi atau menyajikannya dalam bentuk lalapan, keluarkan dari kulkas dan jangan lupa mencucinya terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment