Monday, April 15, 2013

Tips Menyimpan Rempah dan Bumbu Kering




Menyimpan bumbu masak dalam bentuk kering seperti merica, jintan, kayu manis, cabai bubuk dan rempah-rempah lain memerlukan penanganan khusus. Walaupun bahan masak kering jauh lebih awet dibandingkan bahan basah, Anda harus tetap memerhatikan kesegaran dan keawetannya saat proses penyimpanan.

1. Simpan rempah-rempah dan bumbu kering di dalam wadah kaca/plastik yang bersih dan kering. Letakkan wadah tersebut di daerah yang gelap dan jauh dari panas. Rempah dan bumbu kering yang sering mendapat terpaan sinar matahari langsung dan panas akan mudah rusak.

2. Saat akan mengambil rempah dan bumbu kering di dalam wadah, pastikan tangan Anda atau sendok untuk mengambilnya kering. 

3. Karena bumbu kering (apalagi dalam bentuk bubuk) sulit dibedakan satu dan yang lain, untuk menghemat waktu memasak, beri label pada setiap botol sesuai dengan isinya. Anda bisa memakai kertas perekat yang banyak di jual di toko buku.

4. Tips lain untuk memudahkan proses memasak, urutkan rempah dan bumbu kering yang paling sering Anda gunakan di bagian luar atau sisi yang dekat dengan tempat memasak Anda.

No comments:

Post a Comment