Wednesday, April 10, 2013

Terlalu Banyak Jeruk Nipis, Udang Jadi Getir




Sebelum dimasak, udang terlebih dahulu dibersihkan. Biasanya, digunakan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis udang, yang akan tidak efektif bila terlalu banyak.

Pemakaian air jeruk nipis identik pada olahan makanan laut, baik udang, ikan, maupun cumi. Tajamnya aroma asam yang dihasilkan jeruk nipis cukup ampuh menutupi bau amisnya.

Nah, berikut proses pengolahan udang dengan benar sehingga hilang bau amis, juga lezat hidangan yang dihasilkan:

Memilih udang
Udang segar akan menyebarkan aroma yang khas. Warnanya lebih jernih dan tidak berbintik-bintik. Sementara, udang busuk berbau dan lembek badannya.

Menghilangkan bau amis
Ambil udang, belah, dan bersihkan di bawah air mengalir. Bisa juga diberi air jeruk, tapi jangan terlalu banyak karena bisa jadi agak getir (sengit dan pahit). Jika ditaburi garam, saat dimasak dagingnya bisa hancur.

Menguliti udang
Membersihkan kulit udang yang kecil memang tidak mudah. Selain licin, kulitnya seakan menempel pada dagingnya. Supaya mudah, masukkan udang ke dalam sebuah wadah, lalu siram dengan air panas secukupnya.
Setelah itu, buang air dan udang siap untuk dikuliti. Caranya, pegang kepala udang dengan tangan kanan. Putuskan kepalanya tepat di antara batas kepala dan udang lalu kuliti seluruh badan udang mulai dari atas ke bawah. Jika Anda harus menyisakan ekornya, berhentilah menguliti sampai ruas kulit kedua dari ekor.
Belah punggung udang yang sudah dikuliti sampai ruas kulit kedua dari ekor. Belahlah punggung udang yang sudah dikuliti sepanjang badannya (tidak lebih dari setengah centimeter di dalamnya). Keluarkan isi perut yang bentuknya seperti tali hitam, lalu cuci bersih. Anda bisa menyimpannya di dalam freezer. Caranya, ambil udang, tiriskan, masukkan ke dalam kantong plastik atau wadah lain, dan masukkan ke freezer.

Memasak udang
Daging udang sangat lembut. Oleh karena itu, jangan terlalu lama dimasak. Jika terlalu lama, air tubuh udang yang sebenarnya penuh gizi menjadi larut. Saat memasak, gunakan api besar agar udang cepat matang.

No comments:

Post a Comment