Wednesday, April 10, 2013

Kaya Antioksidan dan Mineral, Sayur Selada Menyehatkan




Sayur berwarna hijau segar, bergerigi pada tepinya dan renyah bila dimakan mentah. Ya, itulah selada (Lactuca sativa).

Sayur yang sering disertakan dalam sandwich dan salad, atau sebagai penghias makanan ini, kaya nutrisi dan baik bagi kesehatan. Berikut beberapa khasiat selada.
Komponen antioksidan lengkap yang terkandung dalam selada, misalnya, berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi racun.

Selain itu tanaman ini disarankan bagi perokok. Karena asupan selada terbukti dapat melindungi paru-paru dari zat karsinogenik dalam tembakau maupun asap rokok.
Penelitian membuktikan, selada air juga berkhasiat menangkal radang selaput lendir pada saluran pernapasan. Hal ini karena ketika dikunyah, selada melepaskan kandungan PEITC (phenethyl isothiocynate), agen kemopreventif pelawan kanker paru.

Selada mentah kaya akan vitamin A dan beta-karoten. Vitamin ini membantu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit dan membantu mempertahankan penglihatan.
Zat zeaxanthin dalam selada yang terserap oleh makula lutea pada retina mata, juga menjaga fungsi penglihatan di usia senja dan mencegah katarak.

Selada juga mengandung vitamin K yang membantu meningkatkan massa tulang dan meningkatkan aktivitas osteotrophic dalam tulang; sehingga mencegah osteoporosis. Vitamin K juga mengurangi kerusakan saraf pada otak.

Selada disarankan bagi ibu hamil. Karena pada selada tersimpan folat dan vitamin C. Folates mencegah komplikasi pada janin, selain meningkatkan kesehatan reproduksi. Sedang vitamin C bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Selada juga kaya akan berbagai jenis mineral, seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasium yang meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh.
Kalium merupakan vascodilutor penting yang membantu menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung melalui pengaturan cairan tubuh. Sedang kalsium membantu memperkuat gigi dan tulang; sementara tembaga dan besi membantu dalam produksi sel darah merah dalam tubuh.

Selada merupakan salah satu sayuran yang paling rentan terhadap paparan pestisida. Oleh karena itu, pastikan Anda mencuci selada secara menyeluruh dengan air mengalir sebelum dimasak atau dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment