Sunday, April 7, 2013

Manfaat Belimbing Wuluh




Avverhoa bilimbi atau yang biasa disebut belimbing wuluh ini berasal dari benua Amerika, namun sebagia orang mengatakan juga berasal dari Kepulauan Maluku. Saat ini persebaran tanaman belimbing wuluh telah merambah hampir semua Negara Asia. Memang, rasa belimbing wuluh yang asam membuat ia populer dijadikan komponen penambah rasa nikmat pada masakan di Asia. Di Indonesia sendiri, tanaman belimbing wuluh hampir bisa di jumpai di setiap rumah penduduk di desa. Pohonnya memang mudah tumbuh. Dan mengingat buahnya memiliki beragam manfaat, tidak heran jika kemudian penduduk menjadikannya penghias pekarangan. Kandungan belimbing wuluh juga cukup kompleks dan menjadikannya ampuh untuk melawan beberapa jenis penyakit tertentu.

Pada dasarnya, bagian tanaman belimbing wuluh yang dimanfaatkan tak hanya pada buah tetapi juga daun, akar dan bunga. Hal ini wajar mengingat kandungan belimbing wuluh memang cukup kompleks. Pada batang misalnya, belimbing wuluh diketahui mengandung tannin, calcium oksalat, asam format, saponin dan perosidase. Sementara itu bagian daunnya mengandung senyawa seperti sulfur, asam format, kalsium sitrat, tannin dan juga lain-lain. Bagian buah yang paling populer dimanfaatkan juga terdiri atas beragam senyawa kompleks antara lain protein, ash, serat atau fiber, fosfor, kalsium, zat besi, thiamine, karoten, niacin, ascorbic acid, flavon dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat belimbing wuluh yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya :

  • Mengobati batuk secara alami, yaitu dengan meminum perasan dari air belimbing wuluh.
  • Sebagai obat gondongan.
  • Mengobati penyakit rematik.
  • Obat penyakit darah tinggi.
  • Mengobati sariawan.
  • Mampu mengobati penyakit diabetes, yaitu dengan menghaluskan 6 buah belimbing wuluh kemudian direbus dengan segelas air putih hinggi separuhnya. Saring air hasil rebusan tersebut dan minum dua kali sehari.
  • Mampu mengobati sakit gigi.


Di atas adalah beberapa manfaat buah belimbing wuluh bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu bagi anda yang memiliki beberapa gejala penyakit di atas bisa memanfaatkan buah belimbing wuluh ini untuk mengatasi penyakit tersebut.

No comments:

Post a Comment