Monday, April 22, 2013

Tips Memarut Keju Mozzarella




Keju mozzarella adalah salah satu jenis keju yang banyak digunakan untuk masakan maupun kue. Keistimewaan keju ini dibandingkan jenis keju lain adalah kemampuannya untuk meleleh saat terkena suhu panas. Karena itu mozarella adalah topping yang digemari untuk keju maupun hidangan pasta.

Seringkali keju mozzarella harus diparut terlebih dahulu sebelum diolah dalam masakan. Untuk membuat keju mozzarell menjadi bentuk yang kecil dan halus dalam bentuk parutan bukan hal yang mudah, karena tektur dari keju ini sangat lunak. Salah memarutnya hanya akan membuat keju mozzarella hancur menjadi bentuk yang berantakan.

Untuk memudahkan pekerjaan Anda, simak tips ini:

1. Bungkus keju mozzarella dengan plastik lalu masukkan ke dalam freezer selama 20 menit. Keluarkan. Hal ini dilakukan agar tekstur mozzarella lebih keras dan memudahkan proses memarut.

2. Kadang bagian keju sering menempel pada bagian parutan. Untuk menghindarinya, oles tipis bagian parutan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

3. Genggam keju dengan erat, lalu tangan yang lain menahan parutan. Tekan hingga memperoleh ketebalan yang Anda inginkan. Tidak perlu terlalu keras karena keju bisa patah.

4. Setiap kali hasil parutan keluar, pastikan tidak ada keju yang tersisa pada bagian belakang dengan bantuan jari Anda. 

Selamat mencoba!

1 comment:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat dan sehat memang sangat penting, akan tetapi mengolah memasak secara tepat juga sama pentingnya.
    regards,

    oxone

    ReplyDelete