Tuesday, April 16, 2013

Tips Agar Cabai Selalu Segar




Musim hujan yang tidak mau pergi seringkali membuat para petani cabai menaikkan harga panen mereka. Hal tersebut tentunya membuat harga cabai di pasaran ikut melambung. Misalnya saja yang telah terjadi pada awal tahun ini, harga cabai melambung tidak terkendali, bahkan harga 1 kg cabai merah lebih mahal dibandingkan daging sapi.

Sama seperti rempah-rempah atau bawang merah dan bawang putih, cabai adalah bahan penambah cita rasa yang wajib ada di dapur masyarakat Indonesia. Terlebih lagi bagi Anda yang menyukai hidangan dengan sensasi pedas, maka cabai menjadi kebutuhan utama. Anda tentunya akan kesal jika cabai segar yang Anda beli cepat busuk.

Membuang cabai (apalagi pada saat harganya mahal) akan membuat Anda kesal. Untuk mengatasi cabai yang mudah busuk, maka ada cara untuk menjaga kesegaran cabai.

1. Selalu beli cabai yang masih segar dan masih memiliki batang yang juga segar dan masih melekat sempurna pada cabai. Hindari membeli cabai yang basah, karena terkena air dalam waktu lama akan membuat cabai lebih mudah busuk.

2. Setelah sampai di rumah, segera cuci cabai dengan air yang mengalir, lalu segera keringkan dengan kain kering. Angin-anginkan dalam udara terbuka hingga tidak ada air yang tersisa.

3. Selalu biasakan untuk tidak memotong batang cabai bila Anda hendak menyimpannya di dalam kulkas. Cabai yang tangkainya dipotong lebih cepat membusuk dibandingkan cabai yang disimpan dengan tangkai yang masih utuh.

4. Simpan cabai yang telah kering ke dalam kantong plastik bening, atau gunakan wadah plastik untuk hasil yang lebih baik. Kemudian masukkan ke dalam kulkas.

Sekarang, cabai Anda akan lebih tahan lama dan siap diolah menjadi berbagai hidangan lezat dan pedas. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment