Tuesday, April 2, 2013

Tips Mengolah Pare Agar Tidak Pahit




Rasa pahit pada sayuran buah pare (Momordica charantia L.) membuat sebagian orang enggan mengkonsumsi sayuran ini. Padahal pare mangandung beragam nutrisi esensial yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, buah pare juga banyak mengandung khasiat untuk kesehatan. Berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan makan pare, seperti kanker, diabetes, malaria, hepatitis, bronchitis, dan HIV AIDS. Rasa pahit buah pare disebabkan adanya kandungan zat quinine yang cukup tinggi pada pare. Berikut beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit buah pare :

  • Pencucian Air Garam

Belah pare menjadi dua bagian, buang bijinya. Potong-potong pare menjadi irisan tipis. Tambahkan 2 sendok makan garam dapur untuk 500 g potongan pare. Remas perlahan selama 1 menit. Diamkan pare selama 10 menit. Bilas pare dengan air bersih dan pare siap dimasak.

  • Menggunakan Daun Jambu Biji

Merebus potongan pare dengan daun jambu biji juga dapat mengurangi rasa pahit pare. Caranya, 500 g pare, buang bijinya dan iris tipis. Rebus di dalam air mendidih dengan 7 lembar daun jambu biji. Remas daun jambu sebelum digunakan. Rebus selama 4 menit. Angkat, tiriskan. Pare siap diolah sesuai kebutuhan resep.

  • Lempengan Tanah Liat

Memasak pare dengan tanah liat yang dikeringkan sangat efektif mengilangkan rasa pahit. Tanah liat yang dikeringkan banyak dijual di pasar tradisional, biasanya orang menggunakan tanah liat ini untuk menghilangkan rasa pahir pada daun pepaya. Caranya panaskan air, masukkan potongan pare dengan lempengan tanah liat. Rebus hingga mendidih. Angkat, tiriskan. Pare siap diolah.

  • Perkaya Bumbu Masak

Mengolah pare dengan paduan bumbu pedas, asin dan manis, seperti diolah menjadi sambal goreng pare membuat cita rasa pahit pare bisa dikurangi.

Mudah bukan cara mengolahnya? Selamat mencoba cara mudah ini dan selamat menikmati buah pare lezat dan penuh manfaat.

No comments:

Post a Comment