Thursday, June 13, 2013

4 Bahan Yang Paling Mudah Basi




Untuk sajian acara keluarga nanti malam, Anda berbelanja berbagai bahan mentah sekaligus. Oleh karena banyaknya hal yang harus Anda kerjakan, beberapa bahan mentah dibiarkan di meja dapur menunggu giliran untuk diolah. Saat tiba gilirannya, Anda tidak sadar bahwa 3 hingga 5 jam telah berlalu dan bahan tersebut menjadi basi.

Well, beberapa bahan bisa tahan lama di suhu ruang, namun bahan lainnya justru membusuk lebih cepat dari yang dibayangkan. Lalu bagaimana kita tahu bahan itu mudah rusak atau tidak? Cukup hafalkan beberapa jenis bahan makanan ini.

Dairy product

Susu, keju, whip cream, es krim dan produk susu lainnya adalah bahan-bahan yang mudah rusak. Dalam keadaan mentah, susu dan bahan yang mengandung susu harus disimpan di suhu dingin dan tidak boleh disimpan terlalu lama. Setidaknya 2 hari setelah dibuka, produk susu harus dihabiskan. Aturan ini berlaku juga untuk kue-kue dan makanan yang menggunakan susu, keju, whip cream dan produk susu lainnya.

Seafood

Tidak perlu diragukan lagi, bahan mentah yang paling cepat basi di suhu ruangan adalah makanan laut (seafood). Termasuk di dalamnya adalah segala jenis ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, tiram, rumput laut segar, dan sebagainya. Jika tidak hendak segera dimasak, begitu sampai di rumah produk laut ini harus segera disimpan dengan bongkahan es, atau diletakkan di dalam freezer.

Daging mentah

Daging mengandung protein yang tinggi pula seperti halnya seafood, sehingga mudah busuk. Ketika sudah jadi olahan dalam kue atau masakan pun, Anda tidak boleh lupa meletakkannya di dalam kulkas jika akan disimpan untuk keesokan harinya. Selain itu, Anda juga harus rutin memanaskannya kembali untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Telur

Telur mentah bercangkang utuh bisa bertahan hingga 5 hari di suhu ruangan, dan bertahan jauh lebih lama jika Anda simpan di dalam kulkas. Namun jika sudah matang, telur hanya bisa bertahan satu malam di suhu ruang. Jadi, hati-hati dengan makanan atau bahan olahan yang mengandung telur, karena itu berarti Anda harus menyimpannya di dalam kulkas.

No comments:

Post a Comment