Sunday, June 16, 2013

7 Cara Praktis Samarkan Sayur




Tidak bisa dipungkiri bahwa sayur dan buah adalah asupan wajib bagi anak-anak. Dari dua jenis makanan ini anak mendapatkan serat alami, vitamin dan juga kecukupan gula. Jika gula cukup, anak tidak terlalu menginginkan snack manis lain yang tidak sehat. Namun masalahnya, rasa sedikit pahit atau aneh yang terdapat pada sayuran dan buah membuat si kecil langsung mendorong jauh-jauh makanan yang mengandung sayur.

Mengingat pentingnya dua jenis makanan ini untuk anak Anda, maka Anda harus putar otak agar kebutuhan sayur si kecil tetap tercukupi. Perlu diingat juga bahwa anak kecil mudah terpengaruh oleh orang dewasa di sekitarnya. Jadi jika ingin anak Anda tidak pilih-pilih makanan, orang-orang di sekelilingnya juga harus mencontohkan hal yang sama. Namun untuk saat ini, mari kita belajar menyamarkan sayur saja agar si kecil mau menyantapnya.

Daging olahan

Potong halus wortel, tomat dan brokoli, campur dengan adonan daging giling untuk hamburger atau untuk beefsteak.

Sup

Buat sup merah, tambahkan jagung dan sayur yang dipotong dadu. Lengkapi sup dengan french toast untuk menyantapnya. Anak-anak suka dengan sesuatu yang terkesan 'bermain-main'.

Pizza

Anda bisa membeli roti pizza dan menambahkan toppingnya sendiri di rumah. Jangan lupa, tambahkan potongan sayuran kemudian tutup dengan keju. Saat keju meleleh akan menutupi potongan-potongan sayur.

Pasta

Daripada menggunakan saus tomat botol, akan lebih sehat jika Anda membuat sendiri sausnya dari tomat asli. Tambahkan sayur yang telah dipotong halus ke dalam saus tersebut dan olah seperti biasa.

Kue

Manfaat antioksidan juga bisa didapatkan dari ubi ungu yang diolah menjadi brownies, kue kukus, muffin dan beragam kue lain. Warna ungunya tentu menarik minat si kecil. Wortel juga bisa diambil sarinya dan ditambahkan ke dalam kue-kue.

Nasi goreng Hongkong

Tambahkan potongan sayur yang dipotong dadu kecil ke dalam nasi goreng ini. Ragam warna oranye, hijau dan kuning dari wortel, buncis dan jagung akan membuat nasi tampak lebih menarik.

Isi pastel

Mengisikan adonan berisi potongan sayur ke dalam kue-kue pastry adalah cara cerdas karena si kecil tidak begitu teliti dengan apa yang ada di dalam adonan tersebut. Buat adonan dengan potongan sayur, ayam dan telur seperti isi pastel. Jika tidak sempat membuat kulit pastel dan menggorengnya, adonan ini juga bisa disantap dengan potongan roti tawar atau kue kabin.

No comments:

Post a Comment