Monday, June 17, 2013

Membersihkan Parutan Tanpa Luka




Parutan sangat memudahkan kita dalam membuat berbagai macam makanan. Untuk membuat taburan keju, membuat santan (memarut kelapa) dan berbagai fungsi lain. Namun membersihkan parutan ternyata tidak semudah menggunakannya. Jika tidak hati-hati, lubang-lubang kecil dan tajam itu bisa menggores kulit ketika dibersihkan. Cobalah beberapa cara ini dan parutan bersih tanpa luka di tangan.

1. Gunakan sikat gigi

Rendam parutan dalam air sabun yang hangat selama kurang lebih 15 menit. Sikat parutan searah dengan lubang parutan, dimulai dari sisi dalam kemudian sisi luar parutan. Bilas parutan sambil menggosoknya searah lubang parutan.

2. Parutlah kentang mentah

Setelah menggunakan parutan keju, parutlah kentang mentah untuk mengeluarkan sisa-sisa keju dari parutan. Selanjutnya bersihkan seperti cara pertama.

3. Letakkan dalam freezer

Jika Anda memarut bahan yang lengket dan susah dibersihkan seperti keju dan kelapa, masukkan parutan ke dalam freezer selama beberapa saat. Potongan-potongan kecil yang membandel akan mudah untuk disikat.

4. Keringkan dengan angin

Cara yang aman mengeringkan parutan adalah dengan mengangin-anginkan parutan hingga kering, atau jika ingin segera digunakan Anda bisa memasukkan parutan dalam oven bersuhu sekitar 70 derajat celcius selama kurang lebih 10 menit.

No comments:

Post a Comment