Wednesday, June 12, 2013

Tips Membuat BBQ Yang Sehat




Barbeque atau lebih sering BBQ adalah ragam panggangan yang bisa dinikmati saat akhir pekan. Memanggang berbagai daging, sosis, iga dan lain sebagainya bisa menjadi kegiatan menyenangkan bersama keluarga sekaligus memanjakan lidah. 

Agar kegiatan ini menghasilkan makanan yang lezat dan sehat, ada lima tips yang bisa Anda pakai.

1. Perhatikan Saus

Saus BBQ biasanya mengandung banyak garam dan gula, yang membuat Anda mengonsumsi kalori yang tidak diinginkan. Buat lebih ringan saus BBQ dengan mengurangi jumlah gula dan menambahkan liquid smoke (bumbu jadi dalam bentuk cair).

2. Hilangkan Mayonnaise

Menghilangkan mayonnaise dari bagian saus BBQ bisa Anda lakukan. Jika Anda ingin teksture panggangan yang creamy, Anda bisa mengganti mayonnaise dengan greek yogurt tanpa rasa.

3. Proses Perendaman

Cara paling mudah untuk merendam daging dan sausnya adalah satu malam. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah daripada membeli daging yang telah dibumbui. Bumbui daging dengan bumbu, masukkan dalam kantung plastik khusus makanan dan masukkan dalam kulkas selama satu malam. Keesokan harinya, keluarkan daging itu dan siap dipanggang.

4. Hindari Daging Olahan

Daging dalam bentuk sosis, daging burger atau daging olahan lain sebaiknya Anda hindari. Daging olahan mengandung banyak garam, lemak dan kalori. Kunjungi tukang pemotong hewan dan beli daging segar. Anda bisa memilih daging sapi, domba atau daging ayam. Ikan juga bisa menjadi pilihan yang lezat.

5. Buang Lemak Pada Daging

Saat membeli daging segar, biasanya masih ada lemak uang menempel. Buang lemak tersebut untuk memangkas kandungan kalori dan lemak. 

Sekarang, Anda bisa mengadakan pesta barbeque yang lezat dan sehat.

No comments:

Post a Comment