Wednesday, June 12, 2013

Tips Goreng Ayam Matang Merata




Kematangan ayam ketika dimasak sebenarnya sangat penting untuk diperhatikan lho, karena ayam dan telur yang masih mentah bisa menjadi perantara bakteri Salmonella untuk masuk ke dalam tubuh manusia. Akibatnya, orang yang terkena bakteri ini bisa sakit perut hingga menyebabkan gangguan pencernaan lainnya.

Sayangnya memasak ayam memang tidak mudah, dan masih banyak orang yang beranggapan bagian merah di dekat tulang itu 'sudah biasa', sehingga kita masih sering menemukan ayam goreng yang kurang matang di bagian dalamnya. Ketika memasak sendiri pun tidak mudah untuk memastikan ayam telah matang sampai ke tulang-tulangnya. Namun masih ada cara agar ayam bisa matang merata.

Api kecil

Oleh karena Anda membutuhkan panas dan waktu yang cukup untuk mematangkan bagian dalam daging ayam, maka setelah minyak cukup panas, kecilkan api. Goreng ayam dengan api kecil agar minyak panas dapat mencapai bagian dalam ayam dan mematangkannya.

Tusuk-tusuk

Cara berikutnya adalah dengan menusuk-nusuk daging ayam sebelum digoreng, terutama pada bagian-bagian yang tebal dan bertulang. Lubang-lubang ini akan memudahkan minyak untuk mematangkan bagian dalam daging ayam.

Suhu ruang

Jangan langsung menggoreng daging ayam yang baru dikeluarkan dari freezer atau kulkas. Suhu dingin biasanya tetap terjaga di bagian dalam daging, sehingga ketika bagian luarnya sudah coklat, bisa jadi dalamnya masih dingin dan belum matang. Oleh karena itu, biarkan sejenak daging ayam yang masih dingin hingga mendekati suhu ruang, atau sudah tidak dingin lagi. Setelah itu Anda bisa menggorengnya.

No comments:

Post a Comment