Wednesday, June 12, 2013

Mengenal Almond, Snack Beken Sedunia




Ada yang menjadikannya sebagai selai, ada yang meminumnya sebagai campuran susu dan ada pula yang menjadikannya sebagai bahan minyak. Demikianlah almond dikenal di dunia, banyak kegunaan dan manfaat yang dapat dipetik dari kacang yang kaya antioksidan ini. Di antara jenis kacang lainnya, almond memang yang paling populer di dunia kuliner atas keanekaragaman manfaatnya. Entah dimakan begitu saja, dicampurkan dalam olahan pastry, kue, ice cream, campuran cokelat dan sebagainya. 

Sekalipun ada beberapa kesamaan, namun ternyata pada beberapa negara, almond dimanfaatkan secara unik dan berbeda. Intip yuk, bagaimana almond disajikan di negara China atau di Iran. 

Di China

Di negeri tirai bambu ini, almond populer disajikan sebagai makanan penutup. Dicampur dengan susu dan disajikan hangat di tengah keluarga. 

Di Yunani

Di negeri yang megah ini kacang almond digunakan sebagai bahan membuat dessert. Salah satu dessert yang paling populer disebut amygdalota. Hmm... namanya cukup unik. Sebagai kue tradisional, makanan ini biasa disajikan pada upacara pernikahan, rasanya manis, warnanya putih cantik. Selain itu, almond juga digunakan sebagai bahan membuat soumada, soft drink yang beken di Yunani dan beberapa negara tetangga lainnya. 

Di Iran

Almond populer sebagai snack yang disebut Chaqalu Badom. Terlebih dahulu, green almond direndam dalam air garam, dikeringkan dan dimakan sebagai makanan ringan. Chaqalu Badom ini dijual di pinggir jalan seperti layaknya kacang rebus atau kacang goreng. 

Di Italia

Almond digunakan sebagai bahan dasar amaretti, makanan penutup yang menjadi salah satu makanan tradisional di Italia. Rasanya cukup unik, karena pada dasarnya rasa almond agak pahit, namun justru di sinilah keunggulan rasa kue tersebut. Menu lainnya disebut torrone, snack kacang almond. Dan di daerah kecil lain di Italia, almond dijadikan sebagai pasta atau 'pasta di mandorle' yang kemudian dipakai sebagai hiasan soft cakes bersama selai, kacang pistachio dan cokelat. 

Di Moroko

Pasta almond menjadi bahan dasar berbagai macam dessert. Sedangkan almond yang digoreng, menjadi salah satu bahan membuat tajines, sebuah minuman tradisional campuran antara almond dan susu. Minuman ini seringkali hadir di upacara tradisional dan pernikahan. 

Di India

Almond akrab sebagai bumbu tambahan membuat berbagai macam kare. Ada pula badam halva, penganan manis yang terbuat dari almond yang disajikan cantik dengan berbagai warna menarik. Sedangkan Sohan barfi, semacam emping manis yang terbuat dari almond. 

Di Pakistan

Hampir sama dengan di India, ada badam halva, sofan barfi dan almond digunakan sebagai bahan kare. Namun di sini, almond juga dijadikan bahan dasar aneka minuman ringan, salah satunya adalah Sherbet-e-Badaam, yang disajikan di musim panas sebagai minuman penyejuk dahaga. 

Nah, sudah mengenal berbagai macam sajian almond kan. Jangan lupa lain kali bila mampir ke salah satu negara tersebut, coba sajian almond yang unik dan menarik.

No comments:

Post a Comment