Monday, June 17, 2013

Teknik Profesional Menguliti Tomat




Seringkali beberapa resep masakan menuntut kita untuk menyisihkan kulit tomat. Jika tak tahu teknik tepatnya, maka kegiatan menguliti tomat ini bisa menjadi tantangan yang cukup sulit. 

Beberapa ibu menggunakan pisau untuk menguliti tomat, namun cara ini justru berbahaya karena bisa membuat kulit terluka, mengingat tekstur kulit tomat yang begitu tipis. Untungnya ada trik brilian yang biasa digunakan para koki. Caranya?

Pertama-tama siapkan sebuah panci untuk mendidihkan air secukupnya. Teknik yang akan dipakai di sini adalah teknik memanaskan tomat sehingga kulitnya bisa mudah terlepas. Saat air mendidih hampir siap, gores bagian bawah setiap tomat berbentuk X dengan pisau, tak perlu menggores terlalu dalam. Goresan tersebut akan mempermudah Anda menguliti tomat nantinya.

Ketika air sudah mendidih, masukkan tomat dan biarkan sekitar 30 detik saja. Sementara itu, siapkan wadah berisi air dingin. Angkat tomat dari air mendidih setelah lewat 30-40 detik lalu masukkan dalam air es. Biarkan tomat cukup dingin untuk bisa disentuh, lalu kupas kulit mulai dari area X tadi. Kulit pasti lepas dengan mudah. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment