Sunday, June 16, 2013

Kapan Tepung Kadaluwarsa?




Untuk mencegah mewabahnya kutu dalam lemari dapur, Anda harus membuang simpanan tepung yang sudah mendekam selama setahun. "Untuk tepung gandum waktunya lebih singkat lagi, 6 bulan, karena tepung ini mengandung minyak yang bisa membusuk," demikian penuturan Mary Ellen Camire, profesor makanan sekaligus ahli nutrisi di University of Maine, Orono. "Bahkan tepung gandum cuma perlu waktu beberapa minggu untuk berubah rasa menjadi pahit. Untuk mencegah hal tersebut, simpan tepung dalam wadah tertutup rapat dalam freezer segera setelah waktu pembelian.

Selain tepung, masa bertahan dari gula dan ragi juga perlu diperhatikan. Untuk gula putih, Anda tak perlu menggantinya hingga 2 tahun atau lebih, karena sifatnya yang "tak mudah rusak". Hal ini berbeda untuk gula merah yang harus dibuang setelah tak terpakai selama 1 tahun. Kedua jenis gula tersebut bisa tahan lama jika disimpan dalam wadah kedap air dan udara. 

Sedangkan untuk baking powder, lihat tanggal kadaluwarsa tercantum. Sedang baking soda harus segera lengser dari lemari dapur setelah 1 tahun kemasan dibuka, dan 2 tahun jika masih tersegel rapat. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut mudah bereaksi dengan kelembaban dan kestabilannya makin berkurang dari waktu ke waktu. Jadi, selalu simpan ragi dalam wadah tertutup rapat dan kering, bukan dalam lemari es. 

Kue yang diberi ragi kadaluwarsa tidak akan mengembang sempurna, dan hindari penggunaan baking soda yang telah dimanfaatkan untuk penghilang bau dalam lemari es sebab rasa kue pasti terpengaruh (tidak enak).

No comments:

Post a Comment