Thursday, June 13, 2013

Tips Menyimpan Kerang




Kerang memang paling enak langsung diolah saat segar. Jika disimpan, selain baunya yang mengganggu, rasanya pun sudah tidak seenak ketika masih segar. Namun ada kalanya Anda tidak sempat mengerjakan semuanya dalam satu hari, dan harus menyimpan kerang di dalam kulkas.

Kualitas kerang yang paling baik adalah jika kondisinya masih hidup ketika Anda membelinya. Cirinya adalah kerang nampak merespon keadaan sekitarnya, seperti bergerak menutup cangkang ketika Anda mengganggunya atau dan perlahan membuka kembali ketika dirasa aman. Ciri yang lain adalah dari bau kerang, jika sudah mati dan tidak segar lagi, baunya akan cenderung tajam dan tidak enak.

Jika Anda sudah mendapatkan kerang yang segar, kini Anda perlu tahu cara menyimpan kerang yang benar agar rasanya tetap sedap.

Untuk menyimpan kerang, tempatkan kerang di dalam wadah tertutup dengan posisi cangkang horizontal. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar cairan kerang tidak keluar dari tubuhnya, karena cairan inilah yang menyimpan rasa sedap dari kerang. Selanjutnya, bungkus wadah penyimpanan dengan kain yang basah agar daging kerang tidak kering. Hindari menutup wadah rapat-rapat agar kerang tidak mati lemas. Cara menyimpan ini bisa membuat kerang tahan hingga tiga hari, setelah itu Anda harus segera memasaknya.

No comments:

Post a Comment