Wednesday, June 12, 2013

Aneka Pangsit Dalam Dim Sum




Dim sum adalah istilah orang-orang Kanton untuk snack atau makanan ringan. Tidak heran jika dim sum disajikan dalam wadah-wadah bambu dengan porsi kecil, dengan ukuran sekali gigit. Salah satu hidangan utama yang paling diingat adalah aneka pangsit dan siomay dalam dim sum. Agar bisa menyebut pangsit apa yang paling Anda suka, berikut Woman berikan sebutan aneka snack ini untuk memudahkan Anda mengingat.

Shrimp dumpling / Har gau




Cacahan udang yang dibungkus dengan kulit pangsit tipis dan transparan, serta direbus. Kulitnya biasa dibuat dari tepung beras, sehingga nampak cantik sekali dan ringan di mulut.

Chiu-chao dumplings / Fun guo




Berbentuk setengah lingkaran, dengan kulit lebih tebal, fun guo berisi cacahan kacang, bawang putih, daging babi, udang kering, lobak kering dan juga jamur shiitake. Biasa disajikan dengan kecap pedas.

Potsticker / Jiaozi goreng




Hampir sama dengan fun guo, namun kulit potsticker biasanya ditutup dengan kerutan-kerutan cantik dan kemudian digoreng sebentar setelah dikukus. Isinya adalah daging dan potongan kubis.

Shaomai / Siomay




Bentuk siomay mudah dikenali karena nampak seperti kantong agak persegi yang diikat atasnya. Ada juga siomay yang bagian atasnya dibiarkan terbuka dan diberi irisan jamur atau telur kepiting, sementara kulitnya dilipat cantik di bagian pinggir. Isi siomay biasanya adalah potongan daging, udang yang digiling menjadi adonan.

Haam Sui Gaau




Sekilas bentuknya mirip kue mochi karena kulitnya terbuat dari tepung beras yang manis dan lengket, sementara isinya terasa gurih. Kekhasannya yang lain yaitu haam sui gaau digoreng secara deep fried, sehingga menghasilkan tekstur yang unik.

No comments:

Post a Comment