Wednesday, June 12, 2013

Mencegah Makanan Terbuang Sia-Sia




Sering menemukan sisa makanan yang ada terbuang sia-sia? Hampir semua keluarga pernah mengalami masalah ini, terlebih lagi saat hari istimewa seperti Lebaran misalnya. Padahal, membuang makanan sama seperti membuang uang dan membuat seseorang tampak tidak bisa bersyukur atas limpahan makanan yang bagi sebagian orang sulit didapat. Agar kejadian ini tidak terjadi lagi, inilah beberapa tips yang bisa Anda coba:

Buat Daftar Menu & Belanja

Untuk memudahkan Anda dan tidak pusing memikirkan, "Besok masak apa ya?", buat rencana apa yang akan Anda masak dalam waktu satu minggu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah saat membeli bahan makanan dan tidak akan membeli apa yang tidak Anda butuhkan. Seringkali kita membeli bahan makanan kemudian bingung akan dimasak apa sehingga terbuang. 

Susun Isi Kulkas

Agar Anda tidak membeli bahan makanan yang telah ada di kulkas, susun kulkas Anda dengan bahan makanan yang mudah terlihat. Hindari meletakkan bahan makanan terlalu dalam sehingga tak terlihat dan menyulitkan Anda saat membuat data bahan makanan apa yang harus diisi ulang.

Perkecil Ukuran Piring

Berbagai peralatan makan saat ini banyak yang menggunakan ukuran besar sehingga apa yang Anda letakkan di atas piring terlihat lebih sedikit. Lebih mudah bagi kita untuk meletakkan banyak makanan di atas piring lalu merasa kenyang dan membuang sisa makanan. Untuk menghindari hal itu, pilih piring dan mangkuk yang memiliki ukuran normal.

Percaya Insting Anda

Sebelum terbuai dengan papan diskon makanan atau bahan makanan, plus rayuan para penjual makanan yang memberi bonus jika membeli banyak, pikirkan kembali keputusan untuk membeli. Apakah Anda memang membutuhkan bahan makanan itu dan dapat disimpan dalam waktu yang lama atau tidak. Jika tidak, lewati! 

No comments:

Post a Comment