Sunday, June 16, 2013

Tips Menyimpan Seledri




Sayuran satu ini sulit disimpan karena mudah sekali menjadi kering. Disimpan di suhu ruang maupun di kulkas, dalam beberapa hari saja dia jadi kering dan berubah warna. Ketika dimasak pun aromanya jadi berkurang dan warnanya tidak menarik lagi. Padahal seledri dibutuhkan hanya dalam jumlah sedikit dan tidak semua masakan bisa ditambahkan seledri. Jika terlanjur membeli banyak, apa yang harus dilakukan dengan seledri-seledri ini?

Caranya mudah. Ternyata sayur ini lebih tahan lama jika disimpan dalam freezer. Dalam keadaan beku, senyawa aromatiknya masih terjaga dengan baik, begitu pula dengan warna daun seledri. Ketika akan menggunakannya, Anda tinggal langsung memasukkannya ke dalam sup atau melelehkannya dulu. Namun demikian, Anda tidak bisa langsung memasukkan seledri begitu saja ke dalam freezer. Berikut ini yang harus Anda lakukan.

Cuci bersih semua seledri yang akan Anda simpan, kemudian tiriskan dan keringkan dengan handuk bersih. Oleh karena akan disimpan beku, sebaiknya tidak ada sisa air di sana. Kemudian daun dan ujung-ujung seledri yang biasa dipakai dipisahkan dengan ruas batangnya. Simpan dalam kantong plastik dan daun seledri siap disimpan di dalam freezer.

No comments:

Post a Comment