Wednesday, June 12, 2013

Tips Menyimpan Susu Dan Olahannya




Jika Anda berurusan dengan produk susu, perhatikan benar cara penyimpanan dan penanganannya. Susu adalah bahan makanan berprotein tinggi yang kaya nutrisi, tanpa kandungan zat anti bakteri alami di dalamnya, susu menjadi sasaran empuk para bakteri untuk berkembang biak di sana.

Tidak hanya berisiko membuang susu yang telah busuk, berbagai masalah kesehatan hingga kematian bisa terjadi hanya karena susu tanpa disadari telah membusuk. Ini juga berlaku pada produk-produk makanan yang terbuat dari bahan susu, seperti keju, es krim, susu kental manis, susu bubuk, yoghurt dan sebagainya. Agar susu tetap aman dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang agak lama, perhatikan kondisi penyimpanan berikut ini.

Susu dan dadih susu

Simpan susu atau dadih susu di suhu 1 hingga 4oC di dalam kulkas. Umumnya, kulkas memiliki suhu 4oC, namun ini juga tergantung dari kerapatan dan kondisi kulkas Anda. Untuk memastikan susu tersimpan di suhu yang memadai, tempatkan susu di tengah-tengah kulkas. Jangan diletakkan di bagian pintu kulkas karena suhu di bagian ini lebih mudah berubah-ubah sehingga susu akan mudah rusak.

Susu yang telah dibuka

Susu yang telah dibuka harus digunakan maksimal satu hari setelah kemasannya dibuka walaupun telah disimpan di kulkas. Kebiasaan menuang susu di meja makan kemudian memasukkan lagi ke dalam kulkas dan melakukannya terus untuk satu kemasan yang sama selama berhari-hari menyebabkan susu rusak karena kontaminasi bakteri saat dibawa keluar dari kulkas dan disimpan lagi dalam waktu yang lama.

Susu bubuk

Jika ingin susu bubuk Anda tetap awet dan aman hingga satu tahun, simpan susu bubuk dalam kontainer tertutup rapat dan letakkan dalam suhu 10 hingga 15oC. Untuk mencapai suhu tersebut, Anda bisa menyimpan susu bubuk di bagian pintu kulkas.

Susu kental manis

Susu kental manis yang masih dalam kaleng bisa bertahan di suhu ruangan hingga satu tahun. Namun jika sudah dibuka, Anda harus menyimpannya di dalam kulkas dan harus digunakan dalam 8 hingga 20 hari berikutnya.

Es krim

Es krim mungkin tidak akan membusuk selama disimpan di dalam freezer, namun seiring lama penyimpanan es krim akan berkurang kelembutan dan kualitas rasanya. Jika masih dalam kemasan dan disimpan di suhu beku, es krim bisa tahan hingga dua bulan. Namun jika sudah dibuka, sebaiknya es krim segera disantap habis karena penyimpanan di dalam freezer akan membuatnya keras dan mengalami perubahan rasa.

No comments:

Post a Comment