Wednesday, June 12, 2013

Beda Kue Muffins Dan Cupcake




Belakangan ini cupcake menjadi tren dalam dunia kue. Bentuknya yang rapi dalam cup, membuat kue ini menjadi penganan cantik yang tidak repot saat dibawa maupun saat di makan. Bahkan cupcake juga memungkinkan perwujudan dekorasi kue dalam bentuk apa saja. Mau boneka Teddy atau taman bunga yang bisa dimakan tanpa repot, cupcake bisa mewujudkannya dengan menancapkan cupcake-cupcake kecil ke bentuk rangka yang diinginkan.

Selain itu, cupcake juga terkenal karena bisa dihias dengan gula icing sekreatif yang kita mau. Dari sekedar topping krim dan potongan buah hingga topping berbentuk malaikat kecil bisa diwujudkan. Namun menilik dari bentuk dan cupnya, kok mirip muffins yah? Apakah cupcake ini bentuk baru dari muffins yang bisa dihias sesuka hati?

Jawabannya tidak. Muffin dan cupcake adalah dua jenis kue yang mirip namun berbeda. Dari segi takaran bahan-bahannya, muffins umumnya terbuat dari 200 gram tepung, 2-4 sdm gula, 2.5 sdt baking powder, 1/2 sdt garam, 1 butir telur, 60 ml minyak/mentega, 250 ml susu. Jika perbandingan jumlah lemak, gula dan telur di resep tersebut dilipatgandakan 2 kali atau lebih, maka akan terbentuk cake, bukan muffins.

Cara membuat muffins juga berbeda dengan cupcake. Muffins adalah kue yang paling mudah dan paling cepat dibuat. Anda bisa mencampurkan semua bahan kering kemudian mencampurkannya dengan bahan basah. Namun untuk cupcake, bahan-bahan harus dimasukkan satu per satu dengan urutan yang tepat. 

Secara penyajian, cupcake biasanya dihias dengan berbagai toping, dari krim hingga gula icing aneka bentuk. Sedangkan muffin biasa disajikan apa adanya dengan puncak yang merekah dan potongan-potongan isi yang terlihat menggoda. Kesamaan cupcake dan muffins adalah mereka menggunakan cup dan cetakan yang sama.

No comments:

Post a Comment