Wednesday, June 12, 2013

Warna-Warna Penentu Selera Anda




Orang bilang, penentu makanan atau minuman itu menggoda untuk dimakan adalah dari aroma dan penampakannya. Salah satunya adalah dari warna makanan. Kabarnya, kita harus memilih warna yang menarik agar makanan itu menggugah selera, baik untuk makanan, minuman maupun sekedar kemasan pembungkusnya. Namun yang disebut warna menarik itu yang bagaimana? Singkap rahasia tersembunyi antara warna dan selera makan berikut ini.

Warna putih dan ngemil

Seakan tidak ada kandungan apa-apa di dalamnya, makanan berwarna putih membuat Anda lupa tentang kandungan kalori ataupun zat pengawet dan bahkan pemutih yang mungkin ada dalam makanan itu. Oleh karena itu makanan ringan atau snack banyak yang berwarna putih, karena membuat Anda 'lupa diri'.

Warna jingga dan kesan bahaya

Secara psikologi, makanan berwarna jingga membuat seseorang berhati-hati dalam memakannya karena identik dengan warna api yang panas. Buah-buahan yang berwarna jingga juga membuat orang menjadi waspada, entah dari rasa asamnya atau dari faktor lainnya.

Warna hijau dan kesan sehat

Makanan hijau diinterpretasikan tubuh sebagai makanan sehat, karena bahan-bahan alami dan sehat banyak yang berwarna hijau, seperti sayur-sayuran, mentimun, buah pear hijau, buah apel hijau, kiwi, dan sebagainya. Makanan hijau membuat orang merasa aman dan mendapatkan manfaat kesehatan saat memakannya.

Warna kuning peningkat selera

Kuning identik dengan rasa bahagia karena membuat cerah suasana, dan rasa gembira membuat selera makan tergugah sehingga Anda tidak ragu untuk memesan apa pun itu yang terlintas di benak Anda dan melahapnya dengan senang. Dengan dasar itu pula banyak kemasan makanan mengandalkan warna merah dan kuning sebagai pembungkus mereka.

Warna merah paling menarik

Warna makanan yang paling meningkatkan selera makan adalah merah. Identik dengan gairah dan energi, makanan dengan warna merah selalu sukses menggugah selera. Kecuali untuk Anda yang telah paham bahaya bahan tambahan dalam makanan terutama pewarna merah yang terkenal berbahaya.

Warna biru, ungu dan hitam, si pemusnah selera

Ada juga warna-warna yang jika diaplikasikan pada makanan justru membuat Anda tidak berselera. Warna-warna itu adalah biru, ungu dan hitam. Manusia biasa berpikir bahwa makanan dengan warna-warna ini bisa mematikan atau beracun. Namun secara natural, warna ungu juga ada pada umbi, buah dan sayur yang cukup dikenal, seperti keluarga berry, beat dan terong. Ini membuat warna ungu masih menarik sebagai makanan atau minuman karena membuat kita berasumsi ada rasa berry atau anggur yang lezat di dalamnya.

No comments:

Post a Comment