Wednesday, June 12, 2013

Tips Menggoreng Deep-Frying




Di kemasan tertera cara penyajian makanan, salah satunya adalah dengan menggoreng secara deep frying. Biasanya, kita menggoreng dengan minyak secukupnya saja, asalkan bahan tersentuh minyak. Deep-frying mengharuskan kita menggoreng dengan bahan terendam seluruhnya di dalam minyak. Untuk itu, berikut ini tips-tips yang akan berguna untuk Anda.

1. Jenis minyak

Cara menggoreng deep-frying membuat minyak banyak terserap ke dalam makanan, oleh karena itu gunakan minyak sayur baru untuk menggoreng. Minyak sayur memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit, dan tidak mengganggu aroma makanan yang Anda goreng.

2. Jumlah minyak

Tentukan kedalaman minyak yang akan dipakai dalam penggorengan sesuai dengan bahan yang akan digoreng. Jangan mengisi penggorengan dengan minyak lebih dari separuh tingginya, untuk menghindari busa berlebih dan volume yang naik akibat bahan yang dimasukkan.

3. Jumlah bahan sekali goreng

Jangan memasukkan bahan terlalu banyak dalam sekali proses menggoreng. Pastikan setiap bahan yang digoreng dikelilingi dengan buih-buih minyak, dan tidak bersentuhan dengan bahan lain. Terlalu banyak memasukkan bahan akan membuat temperatur minyak menurun drastis sehingga hasil penggorengan akan lebih lembek dan tidak crispy.

4. Serap minyak berlebih

Minyak banyak terserap ke dalam makanan, agar tidak semuanya masuk ke dalam tubuh saat Anda mengonsumsinya, letakkan hasil gorengan di atas kertas minyak selama beberapa saat. Anda akan terkejut dengan banyaknya minyak yang terserap saat itu, dan bersyukur Anda tidak mengonsumsi sejumlah minyak tersebut melalui bahan yang Anda goreng.

No comments:

Post a Comment